3 Tips Optimalisasi Google Ads Biar Bisnis Makin Cuan

3 Tips Optimalisasi Google Ads Biar Bisnis Makin Cuan

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Buat anda para pelaku bisnis yang sudah terjun di ranah penjualan digital, mengoptimalkan kampanye Google Ads sangatlah penting. Tapi, tak jarang yang mengalami masalah terhadap efektifitas iklan yang dibuat.

Google Ads sendiri lazim digunakan di dunia digital marketing sebagai upaya mendorong penjalan layanan kita di dunia digital. Google Ads sendiri punya begitu banyak tools optimalisasi untuk kesuksesan iklan bisnis anda. Namun, terkadang itu bikin pusing dan malah membuat upaya iklan gagal total.

Daripada membuang waktu berjam-jam mencari tools optimalisasi Google Ads yang berdampak kecil atau bahkan tidak menguntungkan sasaran bisnis anda, gunakan tips berikut ini.

1. Gunakan kata kunci negatif

Gunakan kata kunci negatif pada istilah yang ingin Anda sertakan dalam kampanye, kata kunci negatif adalah istilah penelusuran yang algoritmanya ingin mengecualikan iklan Anda agar tidak muncul. 

Bila pengguna memasukkan istilah penelusuran yang menyertakan kata kunci negatif, iklan Anda tidak akan memenuhi syarat untuk dilelang. Oleh karena itu, itu tidak akan muncul. 

Dia adalah contoh cara kerjanya. Anda adalah firma hukum yang berspesialisasi dalam hukum keluarga. Anda kemudian mungkin ingin memasukkan kata kunci negatif pada jenis hukum lainnya, seperti “pengacara ketenagakerjaan” atau “pengacara cedera pribadi”. Anda dapat menambahkan ini ke daftar kata kunci negatif kampanye.

Selain kata kunci negatif tingkat grup iklan dan kampanye, Google kini meluncurkan kata kunci negatif tingkat akun. Negatif tingkat akun akan berguna ketika Anda ingin berhenti muncul pada beberapa penelusuran di seluruh akun Anda.

Beberapa contohnya mungkin berupa istilah seperti “gratis”, “pekerjaan”, “ulasan”, dan istilah serupa. 

2. Fokus pada kata kunci ekor panjang

Setelah Anda memutuskan keyword atau kata kunci mana yang akan dikecualikan, mari pikirkan beberapa kata kunci yang mungkin ingin Anda sertakan. 

Saat Anda meluncurkan kampanye Google Ads, Anda harus berhati-hati dengan kata kunci yang Anda pilih. Daripada berfokus pada kata kunci pendek untuk mengoptimalkan Google Ads Anda, lihat juga kata kunci ekor panjang (kata kunci yang panjangnya sekitar 3-5 kata). Secara khusus, sebaiknya fokus keyword panjang dengan CTA, misalnya  ““beli” dan “penawaran”.

KPI Anda mendapat manfaat saat Anda mengoptimalkan kampanye Google Ads dengan kata kunci ekor panjang. Hal ini karena mereka didorong oleh niat, lebih spesifik, dan kurang kompetitif.

  • Kekhususan yang lebih besar: Kata kunci yang lebih panjang biasanya memiliki arti yang lebih spesifik karena mengandung lebih banyak kata. Ini membantu Anda menjangkau audiens yang lebih spesifik dengan tujuan yang lebih spesifik.
  • Persaingan yang lebih sedikit: Kekhususan kata kunci ekor panjang yang lebih besar berarti biasanya lebih sedikit orang yang mencari kata kunci tersebut, sehingga lebih sedikit bisnis yang menargetkan kata kunci tersebut. Kompetisi yang lebih rendah memberi Anda peluang lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat. 

Laporan istilah pencarian adalah salah satu tempat terbaik untuk memulai riset kata kunci ekor panjang ini. Anda akan menemukan kueri penelusuran mana yang memiliki volume dan mana yang menghasilkan klik.

Tempat bagus lainnya untuk menemukan kata kunci ini adalah di perencana kata kunci. Memilih kata kunci dan jenis pencocokan kata kunci yang tepat akan membantu Anda mencapai kinerja yang Anda inginkan di Jaringan Penelusuran.

  1. Selami Google Analytics

Jika Google Ads Anda tidak tertaut ke akun Google Analytics Anda, lakukan sekarang.

Google Analytics adalah alat canggih yang harus Anda sambungkan ke akun Google Ads Anda. Anda dapat mengumpulkan begitu banyak wawasan darinya dan lebih dari sekadar metrik biasa, seperti rasio pentalan.

Jadi bagaimana Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mulai mengoptimalkan Google Ads? Masuk ke Analytics Anda, lalu klik tab “Audiens”. Buka “Segmen Dalam Pasar.” Di sini Anda akan menemukan kumpulan data emas yang akan membantu Anda mengoptimalkan kampanye Anda.

Di bagian ini, Google mengelompokkan pengunjung situs Anda berdasarkan apa yang mereka cari di pasar. Dengan menganalisis segmen ini, pelajari cara menjangkau audiens target Anda.

Itulah beberapa tips untuk optimalisasi Google Ads supaya akun anda makin cuan!

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat