Ini Daftar Fitur AI yang Bakal Hadir di iOS 18: Banyak Update Baru!

Ini Daftar Fitur AI yang Bakal Hadir di iOS 18: Banyak Update Baru!

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Sejumlah rumor berbagai fitur AI yang sedang dikerjakan Apple makin kencang. Bloomberg melaporkan bahwa Apple menganggap iOS 18 akan menjadi salah satu "pembaruan iOS terbesar" yang pernah ada. Hal ini ditenggarai karena terdapat pembaruan sejumlah fitur AI baru.

Mark Gurman melaporkan pada bulan Juli lalu bahwa Apple menciptakan sistem Large Language Model (LLM) sendiri, yang dijuluki AppleGPT. Proyek ini menggunakan kerangka kerja yang disebut "Ajax" yang mulai dibangun pada tahun 2022. Kerangka kerja Ajax ini akan menjadi dasar bagi fitur-fitur AI Apple yang akan datang di semua platform.

Dilansir 9to5Mac, Apple disebut sedang mengembangkan AI pada model bahasa besar baru mereka. Hal ini juga terlihat dari pembaruan iOS 17.4. Apple mengandalkan API ChatGPT OpenAI untuk pengujian internal guna membantu pengembangan model AI mereka sendiri.

Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa fitur-fitur iOS 18 Apple akan didukung oleh model bahasa besar yang "sepenuhnya ada di perangkat". Model ini menawarkan sejumlah manfaat privasi dan kecepatan.

Berikut beberapa rumor tentang fitur AI baru Apple yang akan hadir di iOS 18:

  1. Versi baru Siri yang lebih cerdas dan berdasarkan teknologi model bahasa besar, mirip dengan platform seperti ChatGPT dan Google Gemini.
  2. Fitur AI baru untuk Apple Music yang memungkinkan pengguna membuat daftar putar secara otomatis.
  3. Integrasi AI ke dalam Pages, Keynote, dan Numbers untuk meringkas, membuat konten, dan banyak lagi.
  4. Fitur AI untuk Xcode yang dapat menyelesaikan blok kode, membantu menguji aplikasi, dan banyak lagi.
  5. Versi terbaru dari Spotlight Search yang didukung oleh AI generatif dan dapat melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks.
  6. Fitur pelatihan kesehatan yang didukung AI yang terintegrasi ke dalam Apple Health dan Apple Watch.
  7. Fitur AI baru untuk aplikasi Messages yang dapat melengkapi pesan secara otomatis, menjawab pertanyaan, dan meringkas pesan teks yang masuk.
  8. Untuk Safari, Apple dilaporkan sedang mempersiapkan alat rangkuman baru bertenaga AI serta fitur Web Eraser anyar.

AI Apple Hadir Tahun Ini

CEO Apple Tim Cook menampikkan sebuah teaser pengumuman produk di masa depan. Menurut Cook, Apple menghabiskan "banyak waktu dan upaya" untuk teknologi kecerdasan buatan. Ia juga menyebut perusahaan ini "sangat antusias untuk membagikan detail pekerjaan kami yang sedang berlangsung di bidang tersebut akhir tahun ini."

Dalam pengumuman tersebut, Cook memuji keunggulan yang dimiliki Apple. Ia menyebut teknologi yang mereka punya akan berbeda dari para pesaing.

"Kami percaya pada kekuatan transformatif dan janji AI, dan kami yakin kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik Apple yang terdiri dari integrasi perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan tanpa batas, terobosan Apple Silicon dengan mesin saraf terdepan di industri, serta fokus kami yang tak tergoyahkan pada privasi, yang mendukung semua yang kami ciptakan,” jelas Cook.

Sangat jarang bagi Cook mengumumkan rencana Apple untuk produk mereka di masa depan. Cook melakukan hal ini disinyalir untuk meredakan kekhawatiran para investor dan analis atas ketertinggalan Apple dari perusahaan-perusahaan seperti OpenAI, Google, dan Microsoft.

Cukup mengejutkan karena semua fitur AI Apple yang dirumorkan bakal hadir tahun ini. Meski begitu, dikabarkan akan terdapat pengurangan daftar akhir fitur yang disertakan dalam iOS 18. Fitur-fitur yang tidak lolos disebut akan hadir dalam pembaruan iOS 18 atau iOS 19 pada tahun 2025.

Sementara itu, Apple secara resmi menetapkan WWDC pada 10 Juni tahun ini. Dikabarkan sebagian besar pengumuman fitur AI mereka akan dibuat di momen tersebut.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat