Apple Akhirnya Bakal Sertakan Kalkulator Buat iPad

Apple Akhirnya Bakal Sertakan Kalkulator Buat iPad

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Apple akhirnya bakal menyertakan aplikasi Kalkulator untuk iPad usai lebih dari 14 tahun meluncurkan perangkat tersebut. Hal ini seperti dikatakan oleh sumber yang disebut mengetahui masalah ini.

Dilansir Macrumors, iPadOS 18 akan menyertakan aplikasi Kalkulator bawaan untuk semua model iPad yang kompatibel dengan pembaruan perangkat lunak. Aplikasi ini diperkirakan akan diluncurkan pada pidato pembukaan konferensi pengembang tahunan Apple WWDC pada 10 Juni 2024 mendatang.

Versi beta pertama dari iPadOS 18 dikabarkan akan dirilis setelah acara utama Apple WWDC. Sementara itu, pembaruan akan dirilis secara global pada bulan September mendatang.

AppleInsider minggu lalu melaporkan bahwa macOS 15 akan menampilkan aplikasi Kalkulator dengan jendela yang dapat diubah ukurannya. Selain itu, kalkulator di ipad ini juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi Notes, bilah sisi yang berisi daftar kalkulasi terbaru, dan banyak lagi.

Meskipun belum ada konfirmasi rincian tersebut dari Apple, ada kemungkinan bahwa aplikasi Mac yang diperbarui akan didasarkan pada aplikasi iPad yang baru.

Tidak adanya aplikasi Kalkulator resmi di iPad telah menjadi meme yang marak lama beredar di media sosial, mengingat aplikasi ini merupakan alat yang sangat mendasar. Sementara itu, pengguna iPad harus mengandalkan aplikasi kalkulator pihak ketiga di App Store, seperti PCalc dan Calcbot.

Pada bulan Juni 2020, kepala rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi, mengatakan kepada pengulas teknologi Marques Brownlee bahwa perusahaan "belum sempat" merilis aplikasi kalkulator yang "hebat" untuk iPad.

Sekarang, pengguna iPad berharap juga bisa mendapatkan aplikasi sosial media Instagram dan WhatsApp untuk perangkat ini. Selama ini, pengguna hanya bisa mengaksesnya lewat safari.

Sejarah iPad

iPad pertama kali diluncurkan pada 27 Januari 2010. Kala itu, mendiang CEO Apple, Steve Jobs, mengatakan bahwa iPad adalah sebuah perangkat revolusioner.

Sejatinya, Apple telah bereksperimen dengan pengembangan perangkat tablet jauh sebelum iPad diperkenalkan. Pada tahun 1993, perusahaan ini meluncurkan Newton MessagePad. Perangkat tersebut berbentuk seperti tablet, tapi jelas belum secanggih tablet modern.

Newton MessagePad berisikan aplikasi terbatas dengan tampilan hitam-putih. Selain itu, “tablet” ini hanya bisa dikendalikan dengan stylus. Apple juga membuat prototipe tablet berbasis PowerBook yang disebut PenLite. Namun, perusahaan memutuskan tidak merilisnya.

Apple baru mulai serius mengembangkan iPad pada tahun 2004. Kala itu, desainer Jonathan Ive dan timnya membuat prototipe tablet baru.

Tablet Alpple yang belum ada namanya ini seharusnya diluncurkan sebelum iPhone. Namun, perusahaan memutuskan bahwa iPhone lebih penting untuk dirilis lebih dulu. iPhone pun akhirnya diluncurkan pada 2007.

Steve Jobs akhirnya mengumumkan iPad pada 27 Januari 2010 di Yerba Buena Center, San Fransisco. Produk baru itu langsung menarik perhatian khalayak dengan membawa antarmuka multi-sentuh iPhone ke layar yang jauh lebih besar.

Selain itu, iPad memungkinkan berfungsi seperti laptop tapi tetap ringkas. iPad punya segudang fitur yang dibutuhkan, seperti mengetik catatan, mengakses internet, dan berbagai jenis pekerjaan kantor lainnya.

Apple juga mengembangkan sistem operasi (OS) versi khusus untuk iPad. Dengan OS ini, perangkat tersebut bisa menggunakan aplikasi dalam orientasi portrait atau landscape.

iPad diterima dengan baik oleh pasar. Hal ini terbukti usai terjual lebih dari 300.000 saat peluncuran. Pada 3 Mei 2010, iPad bahlan mencegak angka penjualan lebih dari 1 juta unit.

Tidak berhenti sampai di situ. Menjelang akhir 2010, penjualan iPad bahkan mampu mengungguli perangkat komputer Mac secara triwulanan.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat