Resmi! Ini Spesifikasi Minimum Untuk Bisa Jalanin WhatsApp

Resmi! Ini Spesifikasi Minimum Untuk Bisa Jalanin WhatsApp

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - WhatsApp baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi mereka. Hal ini berarti bahwa beberapa perangkat lama tidak akan lagi dapat menggunakan WhatsApp setelah tanggal yang ditentukan.

Pada bagian Pusat Bantuan (Help Center) WA, aplikasi ini hanya bisa dijalankan di ponsel-ponsel yang memenuhi syarat minimal OS.

Pemberhentian tersebut berlaku di semua perangkat baik Android atau iOS dengan dilihat dari versi sistem operasi yang paling lawas.

"Saat ini, kami memberikan dukungan dan merekomendasikan penggunaan perangkat berikut ini. Android yang menjalankan OS 5.0 dan yang lebih baru," menurut WhatsApp.

Sedangkan untuk perangkat iPhone, mereka mengisyaratkan bahwa agar dapat menjalankan WhatsApp maka diperlukan minimum sistem operasi iOS 12.

Tentu ini merupakan usaha pembaruan fitur oleh WhatsApp agar menyesuaikan perubahan sistem operasi dan perangkat yang sering berubah. Mereka mengambil langkah sebagai penyesuaian dari sistem yang terus melakukan update.

"Setiap tahun kami melihat perangkat dan perangkat lunak mana yang paling tua dan memiliki pengguna paling sedikit. Perangkat-perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," kata perusahaan.

WhatsApp menjelaskan bahwa mereka meningkatkan spesifikasi minimum untuk memastikan bahwa pengguna dapat menikmati pengalaman terbaik saat menggunakan aplikasi mereka. Platform yang lebih baru menawarkan keamanan yang lebih baik, kinerja yang lebih cepat, dan kemampuan untuk mendukung fitur-fitur terbaru.

WhatsApp juga telah mengisyaratkan kepada pengguna perangkat lama untuk melakukan peningkatan pada sistem operasi.

Sebelum diberhentikan, WhatsApp akan terus menampilkan pemberitahuan untuk meningkatkan sistem operasi ke versi terbaru sampai aplikasi WhatsApp berhenti otomatis.

"Kami akan memperbarui halaman ini secara berkala untuk memastikan bahwa sistem operasi terbaru yang kami dukung telah terdaftar," pungkasnya.

Peningkatan spesifikasi minimum ini kemungkinan akan berdampak pada jutaan pengguna di seluruh dunia. Pengguna yang perangkatnya tidak kompatibel harus mencari perangkat baru atau beralih ke platform perpesanan lain.

Pengguna yang tidak lagi bisa menjalankan aplikasi WhatsApp memiliki dua opsi: pertama, meningkatkan versi sistem operasi minimum masing-masing perangkat, atau kedua, menggunakan aplikasi perpesanan lain yang tersedia si perangkat tersebut.

Mengutip dari India Today, berdasarkan informasi di atas terkait perangkat yang tidak lagi dapat menjalankan WhatsApp per Juli 2024 daftarnya ialah:

1. iPhone 3G

2. iPhone 3GS

3. iPhone 4

4. iPhone 4S

5. iPhone 5

6. iPhone 5c

7. Samsung Galaxy S2

8. Nexus 7

9. iPhone 5

10. iPhone 5c

11. Archos 53 Platinum

12. Grand S Flex ZTE

13. Grand X Quad V987 ZTE

14. HTC Desire 500

15. Huawei Ascend D

16. Huawei Ascend D1

17. HTC One

18. Sony Xperia Z

19. LG Optimus G Pro

20. Samsung Galaxy Nexus

21. HTC Sensation

22. Motorola Droid Razr

23. Sony Xperia S2

24. Motorola Xoom

25. Samsung Galaxy Tab 10.1

26. Asus Eee Pad Transformer

27. Acer Iconia Tab A5003

28. Samsung Galaxy S

29. HTC Desire HD

30. LG Optimus 2X

31. Sony Ericsson Xperia Arc3

Meskipun tanggal pasti belum diumumkan, WhatsApp mengatakan bahwa mereka akan memberikan pemberitahuan yang cukup kepada pengguna sebelum dukungan dihentikan. Pengguna disarankan untuk segera memperbarui perangkat mereka ke versi yang kompatibel jika memungkinkan.



Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat