Resmi! Apple Umumkan Update iOS 18 Berikut Fitur-Fiturnya

Resmi! Apple Umumkan Update iOS 18 Berikut Fitur-Fiturnya

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Pada perhelatan WWDC 2024 lalu, Apple telah resmi mengungkapkan perilisan sistem operasi iOS 18 pada Selasa (11/06/2024). Mereka mengungkapkan bahwa iOS 18 dipastikan terintegrasi dengan kecerdasan buatan atau Apple AI yang semakin mempermudah user untuk melakukan multitasking.

Sebagai penerus dari versi iOS sebelumnya, pada update kali ini Apple menyelipkan beberapa fitur menonjol sebagai terobosan baru pada sistem operasinya. 

Lantas, apa saja update fitur-fitur yang hadir di iOS 18 kali ini? Berikut daftarnya:

1. Terintegrasi dengan Apple AI

Apple Intelligence adalah sebuah sistem kecerdasan buatan (AI) personal yang baru diluncurkan oleh Apple untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac. Sistem ini menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan pengalaman yang lebih cerdas dan relevan bagi penggunanya.

Kecerdasan buatan Apple ini terintegrasi melalui alat, aplikasi, serta fitur di iOS 18 seperti Writing Tools, Image Wand, Aplikasi Image Playground dan fitur Photos.

Writing tools hadir di iOS 18 memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai perintah pada teks di Mail, Notes, dan lainnya. Fitur ini juga bakal hadir di hampir semua aplikasi pihak ketiga.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meninjau, meringkas, serta menulis ulang pada sebuah teks. 

Pengguna dapat meninjau teks sehingga bisa diedit ulang dengan menggunakan struktur tata bahasa lain. Kemudian pengguna juga dapat meringkas sebuah teks dalam konten yang diseleksi.

Kemampuan fitur ini dapat pengguna manfaatkan untuk merangkum sebuah teks panjang dalam mail dan transkrip audio.

Kemudian Apple Intelligence juga menghasilkan fitur Image Wand. Dalam fitur ini, pengguna dapat membuat sebuah objek dengan gesture tangan atau Apple Pencil yang kemudian disempurnkan oleh fitur ini.

Lalu yang terakhir ada Image Playground. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah gambar berdasarkan deskripsi teks. Dalam aplikasi ini juga terdapat saran deskripsi untuk sebuah gambar yang ingin dicari.

Apple Intelligence juga terintegrasi dengan chatbot ChatGPT milik OpenAI. Dengan kolaborasi ini, pengguna mendapatkan dukungan teks dalam mencari atau membuat sebuah konten.

Untuk saat ini, fitur Apple Intelligence yang memuat fitur-fitur canggih tersebut hanya tersedia bagi iPhone yang menggunakan chipset Apple A17 pro, yang berarti hanya tersedia di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Apple Intelligence juga masih dalam masa percobaan, dengan berbagai keterbatasan bahasa serta lainnya. Apple mengungkapkan Apple AI akan hadir dalam versi beta sekitar September nanti.

2. Kustomisasi tampilan Home

Pada update kali ini, Apple membawakan iOS 18 untuk dapat melakukan kustomisasi pada tampilan Home iPhone.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah warna, memperbesar ikon aplikasi, serta menyesuaikan posisi ikon-ikon pada susunan tampilan Home.

3. Kustomisasi tampilan Crusor Center

Selanjutnya pada iOS 18 terdapat fitur kustomisasi tampilan Crusor Center. Fitur ini dapat mengubah posisi berbagai krusor di dalamnya. Pengguna dapat merubah posisi, ukuran serta menambahkan tombol pengaturan pada Crusor Center.

Tidak seperti versi sebelumnya dimana  krusor-krusor tersebut yang berisi berbagai pengaturan cepat tidak dapat dimodifikasi.

4. Aplikasi Password

Kemudian Apple membawa sebuah fitur baru dalam bentuk aplikasi password. Fitur ini bertujuan untuk menyimpan berbagai password dan informasi login di berbagai platform. Fitur ini disebut mirip dengan fitur keychain yang tersedia di Macbook.

5. Fitur RCS pada menu message

Selanjutnya Apple membawakan fitur baru bernama RCS (rich communication service) pada menu message.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan ke Android dengan memuat gambar dan status pesan terkirim, mirip seperti fitur MMS.

6. Game mode

Dalam mendukung produktivitasnya, Apple menambahkan fitur game mode pada iOS 18.

Game mode berfungsi untuk meningkatkan performa perangkat pengguna ketika bermain game dengan meminimalkan aplikasi yang berjalan di background, serta menekan latency untuk terhubung dengan berbagai perangkat wireless agar tak mengganggu jaringan.

7. Fitur baru pada Mail, Safari, dan Maps

Tambahan lain, terdapat fitur-fitur baru dalam aplikasi bawaan Apple yaitu Mail, Safari, dan Maps.

Pada aplikasi Mail terdapat fitur baru untuk mengkategorikan pesan seperti pesan penting, spam, pesan promosi, dan lainnya.

Kemudian pada aplikasi Safari akan menonjolkan beberapa website yang relevan serta menampilkan ringkasan artikel pada website yang pengguna cari.

Terakhir fitur baru pada aplikasi Maps. Dalam update kali ini, Maps pada iOS 18 ditampilkan peta topografi yang menunjukkan berbagai permukaan pada suatu wilayah, serta memungkinkan pengguna membuat rute sendiri untuk berbagai jalan termasuk jalanan mendaki.

8. Fitur Transkrip audio di Notes

Fitur terakhir dalam update iOS 18 adalah kemampuan Notes untuk melakukan transkrip dari audio.

Nantinya, pengguna dapat melakukan transkrip dari sebuah audio kedalam teks pada aplikasi Notes.

Sistem operasi iOS 18 yang diresmikan akan hadir dalam perangkat yang sama pada iOS 17. Artinya, perangkat-perangkat iPhone yang menggunakan iOS 17 akan mendapatkan update iOS 18. 

Perangkat iPhone versi paling lama yang masih bisa mendapatkan update iOS 18 adalah iPhone Xr dan Xs series. Kemudian iPhone SE 2 dan iPhone SE 3 serta iPhone 11 series juga mendapatkan update iOS 18 nantinya. Untuk perangkat iPhone keluaran menengah sampai terbaru Apple pastikan telah menyediakan update ini.

Apple menambahkan, saat ini iOS 18 sudah bisa digunakan dalam tahap developper beta version, yang merupakan tahap uji coba ditujukan untuk para developper. Hal ini bertujuan agar developper yang mencoba beta test ini menemukan kekurangan lalu melaporkannya kepada Apple agar disempurnakan kembali.

Kemudian untuk tahap kedua iOS 18, Apple berencana merilisnya dengan versi public beta yang sama dengan developper beta, namun dirilis secara publik. Versi ini diumumkan bakal hadir di Juli mendatang.

Sedangkan untuk versi final atau versi stabilnya, Apple belum memberikan pengumuman pasti. Namun iOS 18 versi stable diperkirakan akan rilis pada musim gugur mendatang atau sekitar bulan September-November 2024.



Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat