Potensi AI Generatif untuk Meningkatkan Ekonomi Kreator

Potensi AI Generatif untuk Meningkatkan Ekonomi Kreator

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Kecerdasan buatan generatif (AI Generative) telah mencuri perhatian dunia dengan kemampuannya menciptakan konten baru berdasarkan pola-pola yang dipelajari dari beragam data. AI generatif ini merupakan bagian penting di bidang Artificial Intellegence

Teknologi AI generatif menggunakan data yang ada untuk menciptakan segala jenis konten baru yang menarik, membawa dampak positif dalam dunia desain produk, seni, dan berbagai bidang lainnya.

Dikutip dari artikel McKinsey and Company pada Januari 2023 tersebut, dapat disimpulkan bahwa AI generatif merupakan algoritma pembelajaran yang digunakan untuk menciptakan atau memprediksi hal-hal baru, seperti teks, gambar, video, audio, kode, atau data sintetik.

Kemajuan teknologi ini menjadi faktor kunci dalam membentuk berbagai industri, termasuk di dunia pemasaran. Para pemasar pun optimis akan potensi AI generatif untuk menggerakkan ekonomi kreator.

Menurut sebuah laporan terbaru dari agen pencipta global, Billion Dollar Boy, sekitar tiga perempat dari para pemasar berencana untuk meningkatkan investasi mereka pada AI generative tahun ini. Bahkan, sekitar dua pertiga dari mereka bersedia mengalihkan dana dari saluran lain untuk mendanai peningkatan tersebut.

Hasil survei yang melibatkan 6.000 konsumen, ekonomi kreator, dan pemasar ini juga mengungkapkan keyakinan yang tinggi bahwa AI generatif akan membawa dampak positif pada ekonomi kreator. Namun, konsumen sendiri terlihat kurang antusias terhadap teknologi ini.

Diperkirakan sekitar 91% dari para kreator telah menggunakan teknologi ini, sementara 92% dari para pemasar telah memesan konten kreator AI generatif. Potensi dari AI generatif dalam mengubah landscape kreator pun tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.

Hampir 80% dari para kreator percaya bahwa teknologi ini akan mengurangi beban kerja mereka, sedangkan 82% menyatakan bahwa hal ini akan mempercepat proses pembuatan konten. Hal ini tidak hanya membuka peluang bagi lebih banyak kreator untuk bergabung dengan pasar, tetapi juga meningkatkan peluang kemitraan merek dan mengurangi risiko kelelahan.

Selain itu, mayoritas dari para ekonomi kreator (78%) juga percaya bahwa penggunaan AI generatif akan meningkatkan pendapatan mereka. Bahkan, dua pertiga dari para pemasar menyatakan kesiapan mereka untuk membayar lebih mahal konten kreator yang dikembangkan oleh AI generatif dibandingkan dengan konten tradisional.

Salah satu bukti nyata dari dampak positif AI generatif adalah kampanye “New Digital Artists” dari Versace. Dalam kampanye ini, Versace berkolaborasi dengan 25 kreator AI generatif untuk memamerkan tas tangan Greca Goddess.

Hasilnya sangat mengesankan, dengan tingkat keterlibatan rata-rata mencapai 6% dan tingkat pemutaran mencapai 1.460% lebih tinggi dari konten yang dihasilkan oleh AI dibandingkan dengan konten standar. Bahkan, hanya dari satu aset, kampanye ini berhasil mendapatkan 4 juta penonton.

Namun, di samping rasa optimis menyambut kehadiran AI generator ini, terdapat pula beberapa kekhawatiran terkait dengan teknologi ini. Empat dari lima kreator khawatir bahwa AI generatif akan menyebabkan peningkatan jumlah konten kreator, di mana hal ini menandakan semakin tingginya angka persaingan antar kreator. Sementara 86% dari mereka percaya bahwa hal ini akan menghasilkan lebih banyak aset kreator.

Laporan dari Billion Dollar Boy ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana dua tren pemasaran yaitu AI generatif dan konten kreator dapat berkolaborasi untuk memberikan terobosan baru di dunia industri. Sebagai pemasar dan kreator, penting untuk terus memahami perkembangan teknologi agar dapat memanfaatkannya secara maksimal dalam memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Sumber : marketingdive.com, cloudcomputing.id.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat