Pentingnya Gunakan Ads Block Buat Cegah Spyware yang Jadi Alat Mata-Mata Pemerintah: Waduh, Beneran?

Pentingnya Gunakan Ads Block Buat Cegah Spyware yang Jadi Alat Mata-Mata Pemerintah: Waduh, Beneran?

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Ads Blocks atau Blokir Iklan di internet sering diremehkan sebagai pertahanan dalam spyware. Namun, sepertinya kamu harus berfikir ulang terkait pernyataan tersebut.

Sebuah laporan baru dari beberapa perusahaan Eropa, seperti dilansir Techcrunch, mengungkapkan bagaimana pembuat spyware mempersenjatai iklan di internet untuk memungkinkan pemerintah melakukan pengawasan.

Pembuat spyware dilaporkan mampu menemukan dan secara diam-diam menginfeksi target tertentu dengan spyware menggunakan iklan di internet. Laporan tersebut juga mengungkap bahwa sistem ini dimanfaatkan oleh sebuah pemerintahan di suatu negara (tidak disebutkan namanya).

Spyware sendiri merupakan salah satu ancaman besar bagi pengguna internet. Setelah diinstal, ia mampu memantau aktivitas internet, melacak kredensial login, dan memata-matai informasi sensitif. Tujuan utama dari spyware biasanya adalah untuk mendapatkan nomor kartu kredit, informasi perbankan, dan password.

Salah satu perusahaan rintisan yang bekerja pada sistem infeksi spyware berbasis iklan di internet adalah Intellexa. Ini sebuah perusahaan Eropa yang mengembangkan spyware Predator. Predator mampu mengakses isi penuh ponsel target secara real time.

Menurut dokumen yang dilihat oleh outlet berita Israel, Haaretz, Intellexa mempresentasikan sebuah sistem proof-of-concept di tahun 2022 yang disebut Aladdin. Sistem ini memungkinkan penanaman spyware ponsel melalui iklan online. Dokumen-dokumen tersebut termasuk demo sistem Aladdin dengan penjelasan teknis tentang bagaimana spyware menginfeksi targetnya dan contoh iklan berbahaya.

“Tampaknya menargetkan desainer grafis dan aktivis dengan tawaran pekerjaan. Melalui ini spyware akan diperkenalkan ke perangkat mereka," Haaretz melaporkan.

“Dengan adanya iklan online di mana-mana, meningkatkan jangkauan yang dimiliki pelanggan pemerintah untuk menargetkan individu, termasuk para pengkritiknya, dengan spyware yang tersembunyi,” tulis laporan tersebut lagi.

Meski merinci bagaimana desain grafis dan aktivis mampu menjadi sebuah “ancaman”, tidak jelas apakah Aladdin sepenuhnya dikembangkan atau dijual ke pelanggan pemerintah.

Perusahaan swasta Israel lainnya bernama Insanet berhasil mengembangkan sistem infeksi berbasis iklan di internet yang mampu menemukan seseorang di dalam jaringan periklanan.

“Semua orang harus memblokir iklan. Ini masalah keamanan,” cuit John Scott-Railton, seorang peneliti senior Citizen Lab yang telah menyelidiki spyware pemerintah, dalam menanggapi laporan Haaretz.

Cara Kerja Spyware

Iklan online membantu pemilik situs web menghasilkan pendapatan. Namun, pertukaran iklan online dapat disalahgunakan untuk mendorong kode berbahaya ke perangkat target.

Spyware merupakan pengembangan fungsi penyebaran malware atau virus di internet. Sementara menyebarkan malware melalui iklan berbahaya sering disebut sebagai malvertising.

Sistem ini bekerja dengan menyuntikkan kode berbahaya ke dalam iklan yang ditampilkan di situs web pada peramban komputer dan ponsel. Sebagian besar serangan ini mengandalkan interaksi dengan korban, seperti mengetuk tautan atau membuka file berbahaya.

Pentingnya Ads Block

Karena itu, inilah pentingnya penggunaan Ads Block. Meskipun tidak ada ponsel atau komputer yang benar-benar tidak dapat diretas, Ads Block bisa efektif dalam menghentikan malvertising dan malware berbasis iklan sebelum masuk ke peramban.

Ads Block, seperti namanya, mencegah iklan ditampilkan di peramban web. Pemblokir iklan tidak hanya menyembunyikan iklan, tetapi juga memblokir situs web yang memuat iklan. Hal ini juga bagus untuk privasi, karena ini berarti bursa iklan tidak dapat menggunakan kode pelacakan untuk melihat situs mana yang dikunjungi pengguna saat mereka menjelajahi web. Perangkat lunak Ads Block selarajg juga banyak tersedia untuk ponsel.

Para ahli keamanan telah lama menyarankan penggunaan Ads Block untuk mencegah serangan malvertising. Pada tahun 2022, FBI mengatakan dalam sebuah pengumuman layanan publik untuk menggunakan Ads Block sebagai tindakan pencegahan keamanan online.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat