Meta Bakal Uji Coba Pencarian AI di Instagram, Nyari Konten Baru Makin Asik

Meta Bakal Uji Coba Pencarian AI di Instagram, Nyari Konten Baru Makin Asik

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Meta terus mendorong untuk membuat produk bertenaga AI generatif tersedia bagi lebih banyak pengguna, atau dikenal dengan Meta AI. Buat yang belum tau, AI generatif merupakan penggunaan AI untuk membuat konten baru, seperti teks, gambar, musik, audio, dan video.

Selain menguji coba chatbot Meta AI di Whatsapp untuk pengguna di negara-negara seperti India, perusahaan ini dikabarkan tengah bereksperimen dengan menempatkan teknologi AI generatif di pencarian Instagram untuk chatting dengan AI dan penemuan konten.

Ketika melakukan pencarian di Instagram, media sosial ini akan mengarahkan pengguna ke percakapan di DM dengan Meta AI. Di sini, pengguna bisa mengajukan pertanyaan atau menggunakan salah satu petunjuk yang telah ditulis sebelumnya.

Namun lebih dari itu, fitur ini juga dapat membantu pengguna menemukan konten baru di Instagram. Sebagai contoh, sebuah video di Thread yang diposting oleh seorang pengguna. Kita lantas dapat mencari di Instagram untuk menemukan Reels yang terkait dengan topik tersebut.

Pengguna juga dapat meminta Meta AI Instagram untuk mencari saran Reels. Hal ini menunjukkan Meta berencana untuk memanfaatkan kekuatan AI generatif di luar pembuatan teks dan menggunakannya untuk memunculkan konten baru dari jaringan seperti Instagram.

Meta mengkonfirmasi eksperimen Meta AI untuk Instagram tersebut. Namun, perusahaan tidak menjelaskan apakah mereka menggunakan teknologi AI generatif dalam pencarian.

"Pengalaman AI generatif kami sedang dikembangkan dalam berbagai fase, dan kami sedang menguji beberapa di antaranya secara publik dalam kapasitas terbatas," kata juru bicara Meta kepada TechCrunch.

Tentunya kita saat ini bisa menemukan banyak sekali tulisan tentang kualitas pencarian Instagram. Jadi, tidak mengherankan jika Meta ingin menggunakan AI generatif untuk meningkatkan kualitas tersebut.

Selain itu, Meta juga ingin agar Instagram memiliki kemampuan penemuan yang lebih baik daripada TikTok. Tahun lalu, Google memperkenalkan fitur “perspektif baru” untuk menampilkan hasil pencarian dari Reddit dan TikTok.

Awal minggu ini, reverse engineer Meta, Alessandro Paluzzi, menulis di X bahwa Instagram sedang mengerjakan fitur yang disebut "Visibilitas di luar Instagram" untuk menampilkan postingan sebagai bagian dari hasil pencarian.

Chatbot Meta AI WhatsApp

Seperti disebutkan, teknologi AI generatif tengah dikembangkan Meta lewat robot chatbot AI di WhatsApp. Ini adalah layanan opsional dari Meta yang dapat menjawab pertanyaan, mengajari sesuatu, atau membantu memberikan ide-ide baru. Pengguna dapat melakukan chat dengan Meta AI dengan memilih karakter dan kepribadian berdasarkan minatnya sendiri.

Saat ini, fitur ini hanya tersedia di beberapa negara. Selain itu, bahasa yang didukung hanya bahasa Inggris.

Dengan chatbot ini, pengguna WhatsApp bisa Mengobrol di ruang chat pribadi dengan robot Meta AI dengan beragam karakter. Selain itu, juga bisa chat dengan Meta AI di grup.

Chatbot ini juga mendukung untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan rekomendasi bermanfaat. Bahkan fitur ini mampu membuat gambar buatan AI di chat.

Robot AI generatif di WhatsApp ini juga bisa bergabung dalam sebuah obrolan grup dan merespon chat. Di chat grup, Meta AI hanya dapat membaca pesan yang menyebut @Meta AI, bukan pesan lainnya.

Pesan dari Meta AI dan karakter lainnya dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI - Artificial Intelligence), menggunakan layanan dari Meta, sebagai respons atas prompt yang Anda kirim ke AI. Pesan ini tetap terenkripsi secara end-to-end, yang berarti WhatsApp atau Meta tidak dapat melihat atau mendengarkannya.

Pengguna juga memiliki opsi untuk menghapus chat individu dengan AI atau opsi untuk meminta penghapusan informasi yang sebelumnya dibagikan ke Meta AI.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat