Mengenal Startegi Marketing DOOH Advertising, Apa Bedanya dengan OOH?

Mengenal Startegi Marketing DOOH Advertising, Apa Bedanya dengan OOH?

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Buat para pelaku usaha yang berkecimpung di dunia digital, pasti sudah tak asing dengan strategi marketing DOOH Advertising. DOOH sendiri singktan dari Digital Out-of-Home. Istilah ini populer seiring perkembangan teknologi yang kian berguna di dunia usaha.

Di samping digandrunginya DOOH Advertising, sejatinya sudah ada istilah populer OOH Advertising. Lantas apa hubungan kedua strategi marketing tersebut?

Dilansir digima, DOOH Advertising adalah bentuk evolusi dari OOH Advertising yang memanfaatkan teknologi digital untuk menyampaikan pesan iklan kepada audiens. OOH Advertising biasa menggunakan media konvensional seperti billboard atau spanduk. Sementara itu, DOOH Advertising menuangkannya dalam bentuk layar-layar digital yang dapat menampilkan konten yang lebih dinamis dan interaktif. 

Karena menggunakan teknologi, DOOH Advertising punya keunggulan dalam fleksibilitas mengubah konten secara real-time, memungkinkan pengiklan untuk menyesuaikan pesan iklan dengan waktu, lokasi, atau kondisi tertentu.

Dengan adopsi teknologi digital, DOOH Advertising juga dapat memberikan pengalaman interaktif kepada audiens melalui fitur-fitur seperti sentuhan layar atau sensor gerak. Hal ini juga akan menciptakan keterlibatan yang lebih dalam dan relevan kepada audiens atau market yang dituju.

Keuntungan

Fleksibilitas jadi salah satu keunggulan utama dari DOOH Advertising. Berbeda dengan OOH Advertising yang statis, DOOH Advertising memungkinkan perubahan konten secara real-time, sehingga pesan iklan dapat disesuaikan dengan waktu, lokasi, atau kondisi tertentu.

Keuntungan fleksibiltas DOOH Advertising ini juga membuat pengiklan dapat dengan cepat mengubah konten iklan mereka untuk menanggapi perubahan tren pasar, kejadian aktual, atau kebutuhan spesifik dari audiens. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk lebih fleksibel dalam menyesuaikan strategi pemasaran mereka. Strategi yang fleksibel membuat pencapaian hasil lebih efektif dan relevan.

Selain itu, fleksibilitas konten DOOH Advertising juga memungkinkan untuk kampanye yang lebih dinamis dan menarik, yang dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan meningkatkan efektivitas pesan iklan.

Interaktivitas adalah salah satu aspek yang membedakan DOOH Advertising dengan OOH sekaligus jadi keuntungan selanjutnya. Layar-layar digital yang responsif membuat DOOH Advertising memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan konten yang ditampilkan.

Interaktivitas DOOH Advertising tidak hanya meningkatkan keterlibatan audiens, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan. Dengan begitu, dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran secara keseluruhan. 

Namun, ada satu keunggulan OOH Advertising yang sulit dicapai DOOH Advertising, yakni penempatan lokasi yang pasti. Memang setiap tempat beriklan memerlukan izin, namun biasanya DOOH Advertising sudah disediakan layar di sebuah tempat khusus. Sementara Spanduk, baliho, dan semacamnya, di tahun politik ini kita bisa menemukannya di hampir setiap persimpangan jalan.

Targeting

Jika OOH berfokus pada target suatu lokasi, DOOH Advertising tentunya lebih fleksibel menyesuaikan strategi integrasi konten dengan demografi platform digital seperti website dan sosial media.

Penggunaan data dan algoritma yang canggih membuat DOOH Advertising dapat menargetkan audiens dengan lebih spesifik, berdasarkan pada faktor-faktor seperti minat, perilaku konsumen, atau bahkan cuaca yang sedang berlangsung.

Dengan begitu, pesan iklan dapat disampaikan kepada audiens yang lebih relevan sesuai cakupan pasar yang diinginkan. Selain itu, strategi ini juga bisa meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

DOOH Advertising juga membuat pengiklan mampu menganalisis kesuksesan kampanye mereka lebih dalam. DOOH Advertising menawarkan analitik yang lebih mendalam, dengan kemampuan untuk melacak interaksi langsung dengan konten yang ditampilkan dengan ragam data seperti jumlah interaksi, tingkat keterlibatan, atau durasi tayangan.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat