Makin Mudah Berbisnis, Meta Rilis Fitur Baru di Whatsapp Business

Makin Mudah Berbisnis, Meta Rilis Fitur Baru di Whatsapp Business

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Aplikasi komunikasi milik Meta, Whatsapp Business, resmi menghadirkan fitur-fitur baru pada aplikasinya. Update baru ini diperkenalkan oleh Meta dalam acara tahunan mereka dengan judul “Conversation” yang digelar di Sao Paulo, Brazil pada Kamis (6/6/2024) .

Dalam acara tersebut, Meta mengkonfirmasi pembaruan dan beberapa fitur baru dalam Whatsapp Business yang disebut memudahkan pengguna untuk berbisnis. Beberapa diantara pembaruan fitur baru adalah Meta Verified dan Meta AI. Kedua fitur ini disebut sebagai alat penunjang bisnis pengguna. 

Selain kedua fitur tersebut, Meta juga mengumumkan fitur telepon bisnis yang menjadi jembatan antara pebisnis dan customer untuk saling berkomunikasi.

Meta mengkonfirmasi untuk saat ini pembaruan dari fitur-fitur diatas hanya tersedia di beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Colombia, dan India.

Lantas apa saja kelebihan dari masing-masing fitur diatas? Mari kita bedah bersama-sama.

Meta Verified

Fitur pertama kali ini ditandai dengan centang pada kolom username pengguna.Whatsapp Business. Fitur ini sebenarnya sudah dirilis pada tahun lalu oleh Meta, namun hanya tersedia dalam platform Facebook dan Instagram saja. Lalu pada tahun ini, Meta menambahkan fitur tersebut pada aplikasi Whatsapp Business.

Dengan centang yang tersemat pada username, ini menandakan bahwa pengguna dan bisnisnya tersebut sudah terverifikasi oleh Meta.

"Ketika Anda melihat lencana verifikasi Meta, artinya bisnis sudah mendaftarkan informasi mereka ke Meta dan mendapatkan perlindungan dari peniruan identitas," ungkap pihak Meta dalam keterangan resminya yang dikutip dari KompasTekno, Jumat (7/6/2024).

Pengguna WA Business yang sudah terverifikasi akan mendapatkan layanan pendukung dari Meta. Akun dari pengguna yang sudah terverifikasi juga dapat dijalankan dari semua perangkat karyawan.

Kemudian tanda centang pada username WA Business dapat terlihat dalam halaman bisnis yang bisa dibagikan di platform Facebook dan Instagram, serta tampil dalam halaman Whatsapp Channel.

Untuk harganya, Meta menawarkan beberapa paket beragam dengan kelebihannya masing masing. Paket Meta Verified paling murah dibanderol dengan harga US$ 14.99 atau berkisar Rp 240.000 per bulan. Sedangkan untuk paket “komplit” mereka, dibanderol dengan harga US$ 349.99 atau setara Rp 5.696.717 per bulan.

Meta AI

Kedua, fitur lain yang resmi diluncurkan oleh Meta dalam WA Business ialah Meta AI. Meta AI adalah sebuah kecerdasan buatan dalam bentuk chatbot yang berperan sebagai asisten yang membantu para pebisnis dalam membantu komunikasi bisnis kepada kustomer. Bebarapa fungsi dari fitur yang ditawarkan seperti membantu pemilik bisnis seperti menjawab pertanyaan kustomer, merekomendasikan produk, serta menjadi pengingat promo atau diskon produk terkait kepada kustomer.

Meta sudah memberikan verifikasi terhadap Meta AI dalam perannya sehingga dapat melayani kustomer dan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dengan tempo singkat, layaknya manusia.

Tak lupa, Meta AI juga bisa dimanfaatkan oleh pebisnis sebagai asisten yang membantu pembuatan iklan di Facebook dan Instagram. Sangat membantu, bukan?

Telepon Bisnis

Ketiga, Meta menghadirkan fitur telepon bisnis. Fitur ini nantinya berfungsi untuk menghubungkan telepon ke Whatsapp Business. Penerapan dalam fitur ini seperti menghubungkan antar kustomer dan pebisnis dalam suatu persoalan, dalam kata lain nomor dukungan dalam aplikasi. 

Fitur telepon bisnis dikonfirmasi masih dalam tahap uji coba, namun jangan khawatir fitur ini masih tersedia di Whatsapp Business sampai pembaruan selanjutnya.

Dengan serangkaian fitur pendukung bisnis Whatsapp Business, Meta nampaknya mengalihkan fokus mereka pada perkembangan bisnis. Berbagai inovasi bisnis yang mereka cetuskan sebelum ini juga telah berhasil meningkatkan penjualan bagi para pebisnis. Yang pasti, Whatsapp Business mentargetkan menjadi nomor satu bahkan satu-satunya aplikasi komunikasi yang menguasai bidangnya.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat