10 Fitur OxygenOS 14 Terbaik dari OnePlus, Segera Update!

10 Fitur OxygenOS 14 Terbaik dari OnePlus, Segera Update!

Smallest Font
Largest Font

IDNStart.com - Di dunia Android, kustomisasi adalah hal yang lumrah digunakan. Skin dan Launcher atau peluncur adalah dua cara paling populer yang digunakan produsen untuk menyesuaikan perangkat dan pengalaman Android pengguna.

Skin adalah pembaruan yang berfokus pada UI yang dibuat oleh produsen pada sistem operasi perangkat. Sistem ini didasarkan pada Stock Android. Dikatakan berfokus pada UI karena skin dapat menyertakan perubahan pada hal lain selain UI.

Di artikel kali ini, kita hanya akan membahas salah satu Skin dari perangkat yang tengah naik daun, yakni OnePlus. Merek tersebut punya skin yang disebut dengan OxygenOS.

OxygenOS adalah salah satu skin Android terbaik dan terbersih, dibundel dengan banyak fitur dan penyesuaian. Selain menawarkan lebih banyak fitur, skin ini juga meningkatkan fitur yang sudah ada.

OnePlus sendiri sudah meluncurkan skin terbaru mereka, yakni OxygenOS 14. Sistem operasi ini menawarkan serangkaian fitur baru untuk meningkatkan pengalaman menggunakan ponsel pintar.

Jika Anda telah meng-upgrade perangkat OnePlus ke OxygenOS 14, berikut adalah 10 perubahan signifikan yang tidak boleh dilewatkan untuk dijelajahi.

  1. Kurangi Emisi dengan Go Green AOD

OxygenOS 14 memperkenalkan gaya always-on-display (AOD) baru. OnePlus menyebutnya "Go Green AOD", yang menunjukkan dampak emisi karbon pada planet kita.

Go Green AOD memiliki 5 desain yang secara otomatis berubah berdasarkan jumlah langkah Anda berjalan. Anda memiliki opsi untuk memilih antara desain hutan atau pulau. Desainnya berubah setiap 25% langkah kaki. Angka 100% berarti Anda telah menyelesaikan 8.000 langkah.

Saat Anda membuat kemajuan dalam jumlah langkah, gaya AOD berubah secara dinamis. Hal ini diharapkan mendorong pengguna lebih banyak berjalan kaki untuk mengurangi emisi karbon.

Jika Anda memiliki ponsel OnePlus berbasis OxygenOS 14, buka Pengaturan > Wallpaper & gaya > Tampilan Selalu Aktif, aktifkan sakelar Tampilan Selalu Aktif, dan pilih tema AOD jejak karbon.

  1. Trinity Engine

Perangkat OnePlus yang menjalankan OxygenOS 14 terasa lebih halus dan lebih tajam berkat Trinity Engine. OnePlus menyebutnya sebagai solusi pengoptimalan kinerja paling canggih.

Trinity Engine adalah nama yang diberikan untuk koleksi enam teknologi eksklusif yang mencakup CPU Vitalization, RAM Vitalization, ROM Vitalization, HyperBoost, HyperTouch, dan HyperRendering.

Teknologi CPU Vitalization menjaga efisiensi daya tetap terkendali sekaligus menawarkan kinerja yang baik.

Menurut OnePlus, teknologi ini memastikan kelancaran yang sangat halus bahkan selama penggunaan dengan beban tinggi. Selain itu, fitur ini diklaim mampu membuat daya tahan baterai yang lebih baik.

ROM Vitalization secara efisien mengompres file untuk menghemat ruang penyimpanan. OxygenOS 14 juga menyertakan teknologi I/O Vitalization yang canggih untuk meningkatkan efisiensi baca-tulis file.

HyperTouch, HyperBoost, dan HyperRendering bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang superior dengan peningkatan respons sentuhan, pengurangan latensi, dan frame rate yang stabil.

Trinity Engine diaktifkan secara default di semua perangkat OnePlus yang menjalankan OxygenOS 14. Jadi, Anda tidak perlu mengaktifkannya secara manual.

Jika melakukan upgrade OxygenOS 14, Anda tidak akan langsung melihat hasilnya. Ada banyak pengoptimalan yang terjadi setelah menginstal pembaruan yang bisa memakan waktu beberapa hari.

  1. File Dock

OxygenOS 14 akan membuat anda sangat mudah untuk mengakses konten favorit, termasuk teks, gambar, video, dan tautan. File Dock di OxygenOS 14 memungkinkan Anda menyimpan konten untuk sementara, yang dapat Anda letakkan di aplikasi lain.

Fitur ini seperti manajer papan klik tetapi dengan fitur cadangan. File di File Dock disimpan hingga 30 hari yang juga dapat diakses dari perangkat OnePlus lainnya.

Salah satu dari sekian banyak kegunaan File Dock adalah untuk berbagi file yang sama ke banyak aplikasi. Fitur ini juga memungkinkan Anda mengunggah status yang sama di beberapa aplikasi media sosial.

  1. Fluid Cloud

OxygenOS 14 memperkenalkan Fluid Cloud untuk melihat dan berinteraksi dengan notifikasi dengan cara yang berbeda. Pemberitahuan hadir dalam gelembung, kapsul, dan panel dengan cara menyatu dan mengalir secara alami di bagian atas layar.

Meskipun Fluid Cloud mirip dengan Dynamic Island di Apple iPhone, keduanya tidak sama. Implementasi OnePlus menampilkan notifikasi dalam berbagai gaya tetapi memiliki penggunaan yang terbatas.

Meskipun OnePlus belum membagikan daftar aplikasi yang didukung, fitur ini telah diuji untuk bekerja saat menjalankan Perekam Layar dan Jam. Fitur ini juga berfungsi dengan panggilan masuk.

Tidak ada pengaturan khusus untuk mengaktifkan Fluid Cloud di OxygenOS 14 karena diaktifkan secara default. Anda juga dapat berinteraksi dengan notifikasi dengan menekan lama notifikasi tersebut.

  1. Auto Pixelate 2.0

Tambahan penting lainnya pada OxygenOS 14 adalah fitur Auto Pixelate. Seperti namanya, secara otomatis membuat piksel informasi sensitif apapun, seperti detail kontak dan nomor kartu kredit, dalam foto atau tangkapan layar.

Cukup buka gambar di Galeri, tekan tombol Edit dan ketuk Pixelate. Galeri akan secara otomatis membuat piksel informasi sensitif. Anda juga dapat mengetuk area untuk membuat piksel secara manual.

Fitur Auto Pixelate di OxygenOS 14 secara cerdas mengenali konten gambar dan menerapkan efek pixelate/blur.

Meski begitu, dalam beberapa kasus fitur ini tidak bekerja efektif. Karena itu, periksa kembali gambar sebelum membagikannya.

  1. Global Search

Fitur Global Search di OxygenOS 14 memungkinkan Anda mencari di seluruh perangkat yang tertaut, termasuk dokumen, aplikasi, kontak, dan bahkan internet.

Seajatinya ini bukan fitur baru di OxygenOS 14, karena versi perangkat lunak sebelumnya juga memilikinya. Namun, versi OxygenOS terbaru bisa menambahkan kotak pencarian di bagian bawah layar beranda untuk akses yang lebih cepat.

Ikon pencarian akan menghilang saat Anda menggeser layar di beranda atau membuka aplikasi.

  1. Kecepatan Penyegaran Khusus Aplikasi

Pada versi OxygenOS sebelumnya, Anda tidak memiliki kendali atas kecepatan refresh aplikasi. Beberapa aplikasi dimaksimalkan pada 60Hz. OxygenOS 14 hadir untuk mengatasi masalah ini dengan memungkinkan Anda memilih kecepatan refresh untuk aplikasi.

Anda dapat meningkatkan kecepatan refresh aplikasi apapun ke 120Hz untuk mendapatkan kelancaran yang lebih baik. Meski begitu, perlu diingat bahwa kecepatan refresh yang lebih tinggi akan meningkatkan konsumsi baterai.

  1. Dasbor Keamanan Terpadu

OnePlus menghadirkan dasbor terpadu untuk semua pengaturan keamanan dan privasi. OxygenOS 14 memiliki halaman keamanan dan privasi khusus di mana Anda dapat menemukan semua pengaturan tersebut, seperti untuk akun Google, Private Safe, App Locker, dan System Cloner.

  1. Smart Cutout

Banyak merek termasuk Samsung dan Xiaomi, memiliki fitur smart cutout dengan nama yang berbeda. Fitur ini sekarang juga tersedia untuk ponsel OnePlus yang menjalankan OxygenOS 14.

Untuk mengaktifkannya, cukup tekan lama subjek pada gambar untuk mengambil potongan gambar yang diinginkan.

  1. Kontrol Bahasa Khusus Aplikasi

OxygenOS 14 memungkinkan Anda mengubah bahasa aplikasi tertentu tanpa harus mengubah bahasa sistem. Hal ini memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi apapun dalam bahasa apapun yang diinginkan.

Editors Team

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait

Paling Banyak Dilihat